Etnik Eksotika

Selasa, 27 September 2016

Tenun Merupakan Warisan Leluhur yang Mendunia

Sebagai warga negara indonesia asli, kita patut berbangga atas warisan budaya dari para leluhur. Salah satu contoh warisan leluhur yang masih dapat kita lihat dan rasakan sampai saat ini adalah kain. ya, kain / tenun .
kain tenun sumba merupakan warisan dari leluhur yang sangat menarik untuk kita cermati. tidak hanya menarik namun warisan dari leluhur ini telah mendunia.
ya, mungkin para leluhur tidak tau apa yang akan terjadi atas peninggalannya. Tetapi kita, sebagai generasi penerus bangsa, terus menjaga, membangkan serta melestarikan warisan leluhur sampai dunia melihat dan ikut tertarik mengenakannya kedalam dunia fashion. 
salah satu brand ternama dunia yang mengunakan kain atau tenun ikat dari Sumba, NTT adalah GUCCI dan CHRISTIAN DIOR. GUCCI dan CHRISTIAN DIOR mengaplikasikan kain tersebut kedalam rancangan fashionnya pada tahun 2015.
tidaklah singkat perjalanan para leluhur hingga karya mereka dibawa sampai kedalam kelas dunia International. 
Begitu banyak kisah dibalik helaian tenun. dimulai dari arti, makna serta menyimpan sebuah kisah maupun sejarah perjuangan para leluhur yang dituangkan kedalam kain.
setiap kain memiliki makna dan sebuah cerita.
contohnya kain sumba dari NTT. memiliki arti serta makna yang sangat eksotik.
(read:ttp://artscraftindonesia.com/e/index.php?option=com_content&task=view&id=127 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar