Etnik Eksotika

Kamis, 29 September 2016

Kain Tenun Hinggi Hamper - Sumba


Mengenal kain tenun serta budaya dari negeri timur indonesia yang kaya akan eksotika alam Indonesia.

semua telah disajikan para leluhur kedalam bentuk yang sangat indah.
Seakan kata indah saja tidak cukup memuaskan untuk sebuah kain tenun yang terbentang luas di negeri timur Indonesia. kain tenun yang menyimpan sejuta makna dan ribuan bahasa telah diukir dengan lembut oleh para leluhur pada tiap helaian tenun.

Menjalankan berbagai ritual serta  tak lupa memanjatkan Do'a kepada Yang maha kuasa serta memohon perlindungan oleh parah  arwah leluhur agar tetap melindungi wilayah serta turun temurun keluarga sang leluhur yang telah lebih dahulu ditinggal pergi sang kekasih demi mempertahankan wilayah territorial.
kini, para nenek moyang penerus warisan budaya siap sedia melakukan tenun. mengumpulkan bahan - bahan pewarna alami untuk mendaptkan hasil warna yang alami.
Nenek moyang telah menggunakan berbagai macam tumbuhan yang dapat meberikan warna alami pada tiap healaian benang yang akan digunakan. Ada beberapa bahan pewarna alami yang sampai saat ini dapat kita ( generasi muda ) temukan. seperti kemiri, akar mengkudu dan dedaunan- dedaunan lainnya yang mendukung proses pewarnaan alami. tidak hanya kain tenun yang terbuat dari bahan alami. tetapi, dengan pewarnaan yang alami juga akan meberikan dampak yang lebih baik terhadap lingkungan. sangat menakjubkan.
Semua ini tidak boleh putus hanya sampai disitu saja. Sang Pencipta telah memanjangkan tangannya melalui para leluhur untuk menghasilkan sebuah karya yang Maha.
untuk itu, kita bersama terus mendukung pembuatan kain tenun tradisional yang menggunakan pewarnaan alami. dengan demikian tidak hanya menyelamatkan lingkungan tetapi kita juga terus mewariskan budaya ke anak cucuk turun temuran yang telah ditinggalkan oleh sang leluhur.

dibalik dari proses pewarnaan benang yang alami, para leluhur juga sudah siap dengan cerita serta rasa Syukurnya atas alam yang begitu indah yang telah Tuhan ciptakan di Timur Indonesia. kini pelaku tenun akan menceritrakan setiap kejadian, sejarah maupun keindahan alam timur Indonesia kedalam bentuk kain tenun yang luar biasa eksotik. kini butikina menyatukannya kedalam bentuk series yang menarik untuk kamu ikuti sebagai koleksi kamu dalam berbusana.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar