Etnik Eksotika

Selasa, 04 Oktober 2016

Keajaiban Tenun Indonesia

Tenun merupakan Aset Bangsa yang kini tengah digali serta diperhatikan oleh beberapa designer tanah air serta kolektor kain dari berbagai negara.
Motif dan pewarnaanya yang unik serta khas menjadikan tenun terlihat sangat unik, cantik, etnik serta antik. 
Ya, siapa yang tidak ingin memilikinya. berbalutkan busana yang mewah tentu menambah kepercayaan diri kita saat tampil di berbagai acara maupun pertemuan - pertemuan penting lainnya.
dalam kesempatan kali ini, butikina ingin menyampaikan bahawa kata mewah seakan tidak selalu identik dengan kata "mahal". Mewah yang dimaksudkan adalah kita bangga mengenakan akan kekayaan bangsa serta keunikan dari sebuah tenun.
Menghargai serta mengenakan salah satu aset bangsa.
bukankah itu termasuk sesuatu hal yang mewah dan sangat berarti??

Menggunakan sesuatu yang mewah akan menimbulkan citra bahwa sipengguna adalah sosok yang "kaya" .Tidaklah salah kita menggunakan barang - barang yang mewah dari luar negri apalagi keluaran brand international. tapi apakah kita sadar bahwa brand international tersebut turut serta menggunakan bahan baku / kain dari indonesia sebagai bahan dasar dari beberapa design rancangan busananya?


sadarlah dan lihat lebih kedalam makna dari sebuah warisan budaya maupun kesenian Indonesia. Begitu kaya dan mempesona. nenek moyang telah menuliskan kisah - kisah kehidupan yang mereka alami dan menuangkannya kedalam motif / pola yang terdapat didalam kain tenun. sungguh, itu semua merupakan pesan tersirat dari sang leluhur yang ingin disampaikan atau ia ceritrakan kepada generasi penerus bila ia sudah tidak ada kelak.
bagaimana bisa kita sebagai generasi muda yang berwawasan luas mengacuhkannya begitu saja. tidakah dapat kita menghargai peninggalan leluhur yang kini telah mendunia? 
apakah sebagai generasi muda kita hanya "numpang nama" atau hanya turut berbangga diri saja? wahai kawan, kita semua dapat turut ambil andil dalam melestarikan warisan sang leluhur. jangan biarkan kain - kain itu punah dan hilang begitu saja bersamanya waktu.

Begitu unik serta etnik tiap lembaran tenun dari berbagai wilayah Indonesia. terkhususnya, untuk Indonesia dibagian Timur. ya, dibagian timur negeri kita ada wilayah NTT yang menjadi penghasil tenun yang mendunia.  tidak hanya saja sebagai sentra kain tenun indonesia. negeri timur indonesia ini juga memiliki panorama alam serta budaya yang sangat kaya. untuk itu, tenun yang kita temukan di NTT tidak hanya saja berceritakan tentang kehidupan nenek moyang dizaman dahulu. tetapi mereka juga bercerita tentang alam yang indah yang terdapat di NTT.
Mereka bercerita betapa luasnya padang savana yang mereka miliki. terdapat kuda maupun rusa yang hidup bahagia berlari - larian di padang tersebut. tak cukup puas dengan kisah daratan luas yang mereka miliki, sang leluhur pun menceritrakan betapa kayanya hasil laut dari negeri timur tersebut. 
bagaimana bisa nenek moyang kita memiliki ide kemudian menuangkan semua penglihatan mereka menjadi sebuah kain yang sangat indah? 
tidakkah itu semua patut kita hargai dan lestarikan? sementara alam terus mengalami kerusakan. namun sang leluhur telah lebih dahulu mengabadikan gambaran keindahan tersebut kedalam bentuk tenun.

kini, butikina telah memilih link-link yang dapat kita semua kases agar kita lebih mendalami dan mengenal arti dari tiap motif dari berbagai wilayah di daerah NTT.
link tersebut sebagai berikut:

  • http://www.astinsoekanto.com/makna-filosofis-14-motif-tenun-dari-nusa-tenggara/
  • http://artscraftindonesia.com/ind/index.php?option=com_content&task=view&id=113 
  • http://artscraftindonesia.com/ind/index.php?option=com_content&task=view&id=112






Tidak ada komentar:

Posting Komentar