Etnik Eksotika

Kamis, 20 Oktober 2016

Kerajinan Tangan yang Mendunia


Tenun merupakan kerajinan tangan yang baik serta tercanggih yang pernah ada di Dunia (kutipan dari Joseph Fisher - pengamat tekstil Dunia). 
Menenun merupakan warisan dari leluhur yang terus dilestarikan hingga saat ini.
walalu ada juga beberapa jenis kain hasil tenun yang sudah tidak diproduksi lagi.
kain yang sudah tidak diproduksi lagi dapat kita sebut sebagai kain yang telah punah. punahnya kain tersebut dapat diakibatkan oleh turunnya permintaan kain, susahnya proses pembuatan kain serta semakin sedikit pula talenta - talenta muda yang dapat melakukan motif tenun yang rumit.
setidaknya, setiap desa di NTT masih banyak yang melakukan kerajinan tangan yang mendunia ini. dikarenakan, menenun juga merupakan syarat standart bagi para wanita daerah NTT untuk mendapatkan izin menikah. 
jadi, secara tidak langsung teknik menenun ini pasti terus menerus akan dilakukan secara turun temurun.

hasil motif serta warna tenun yang dihasilkanpun akan berbeda - beda dari setip daerah atau suku yang ada di NTT. biasanya, motif serta warna diambil dari latar belakang adat, suku, kepercayaan, serta keadaan alam sekitar.

makna serta artinya pun berbeda - beda. mislkan motif keker. motif keker yang menggambarkan suatu keadaan yang bahagia serta kedamain dalam memadu kasih dibawah pohon cocok digunakan untuk berpergian kepesta. 
biasanya makna dari sebuah kain juga dapat membantu kita untuk menentukan pada saat apa kita akan menggunakan kain tersebut.
jika kita sudah tau, maka kita akan berfikir lebih lanjut lagi seperti model atau gaya busana seperti apa yang cocok untuk kain maupun acara tersebut.
untuk itu, butikina telah mempersiapkannya kedalam bentuk series yang berbeda-beda.
di tiap detail produkpun butikina mencantumkan asal mula kain tersbut dan apa makna dari tiap helai, detail motif kain tersebut. 
so, pastikan kalian tidak akan salah mengaplikasikan motif kain daerah NTT yang penuh makna ini ya lady.....
be careful , be stylish, be happy .... 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar